KALENDER 10 MEI

Ethel Lillian Winch Terlahir ke Dunia

11 Mei tahun 1864, Ethel Lillian Winch, seorang penulis terkenal Inggris terlahir ke dunia. Pada usia 21 tahun, Winch pergi ke Rusia. Di negara ini, Winch mempelajari sastra dan dan menunjukkkan minatnya yang sangat besar terhadap dunia sastra. Setelah itu, Winch menulis sejumlah karya sastra yang terkenal, di antaranya berjudul “Jack Diamond” dan “Tanggalkan Sepatumu”. Winch meninggal dunia pada tahun 1960.

Salvador Dali, Pelukis Perintis Aliran Kubisme, Lahir

11 Mei tahun 1904, Salvador Dali, pelukis kontemporer ternama asal Spanyol terlahir ke dunia di kota Fiqueras. Dali adalah perintis lahirnya aliran Kubisme dalam dunia seni lukis. Bakat melukisnya sudah terlihat sejak ia masih remaja dan dengan cepat, ia terkenal sebagai pelukis modern dengan ide-ide baru yang segar sekaligus mengejutkan. Dali meninggal dunia tahun 1989 pada usia 85 tahun.

Pemancar Televisi Pertama Beroperasi

11 Mei tahun 1939, untuk pertama kalinya, sebuah pemancar televisi dioperasikan di kota Berlin, Jerman. Dengan demikian, dunia mulai berkenalan dengan alat komunikasi secara visual. Stasiun televisi itu kemudian diberi nama Nipko, sebagai penghargaan terhadap Powel Nipko, ilmuwan terkenal Jerman dan salah seorang penemu alat televisi. Peranan besar Nipko dalam penemuan televisi terkait dengan penemuannya terhadap cara mengubah gambar menjadi gelombang dan pengubahan kembali gelombang itu menjadi gambar.

Tentara Inggris dan Perancis Memasuki Kawasan Belgia

11 Mei tahun 1940, tentara sekutu yang merupakan gabungan dari tentara Inggris dan Perancis memasuki kawasan Belgia. Tindakan itu dilakukan sebagai langkah pembelaan atas Belgia yang tengah menghadapi serangan militer tentara Nazi Jerman. Akan tetapi, kekuatan tentara Jerman ternyata tidak bisa ditandingi oleh pasukan sekutu. Jerman bukan hanya berhasil mengalahkan pasukan Belgia, melainkan malah berhasil mengusir pasukan gabungan Inggris dan Perancis. Akhirnya, seluruh kawasan Belgia dikuasai oleh tentara Nazi.

Kota Jerevan, Armenia, Jatuh ke Tangan Tentara Rusia

21 Rabiul Awwal tahun 1243 hijriah, kota Jerevan di kawasan Armenia jatuh ke tangan tentara Rusia. Kejadian itu menyusul perang yang berlangsung antara tentara Iran melawan tentara Rusia dalam rangka memperebutkan kota tersebut. beberapa waktu kemudian, Raja Iran Fath Alisyah Qajar secara resmi menyerahkan kekuasaan kota Jerevan kepada Rusia. Menyusul kekalahan tersebut, dibuatlah perjanjian Turkmanchai oleh kedua negara yang menyebabkan terlepasnya sejumlah besar kawasan kekuasaan Iran lain yang terletak di Azerbaijan utara dan Kaukasus, kepada Rusia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: