Berteriak

CANG PANAH
Haba Miftah H. Yusufpati

Bosan rasanya, setiap hari mendengar ada demo. Orang berteriak. Mengumpat dan memaki. Membaca koran tentang demo saban hari, telinga rasanya pengeng. Persoalan tetap itu-itu saja.
Bang Zul memang bukan korban tsunami, paling tidak rumahnya tidak sampai hancur, sehingga wajar ia mulai gemas dengan demo berhari-hari tanpa henti. “Wajah Aceh, belakangan ini seperti wajah amarah,” katanya.
Ucapan Bang Zul ini mengingatkan saya sebuah mitos tentang penduduk Kepulauan Solomon.
Ada kebiasaan menarik penduduk primitif di kepulauan yang letaknya di Pasifik Selatan itu. Konon, apabila terdapat pohon dengan akar-akar yang sangat kuat dan sulit untuk dipotong dengan kapak, mereka beramai-ramai meneriaki pohon itu. Tujuannya, agar pohon itu mati.
Beberapa penduduk yang lebih kuat dan berani memanjat pohon itu sampai ke pucuk. Sesampai di atas pohon, bersama dengan penduduk yang ada di bawah pohon, mereka berteriak sekuat-kuatnya kepada pohon itu. Mereka berteriak berjam-jam, selama kurang lebih 40 hari.
Ajaibnya, konon lagi, daun-daun pohon yang diteriaki itu mulai mengering. Dahan-dahannya juga mulai rontok dan perlahan-lahan pohon itu akan mati. Setelah itu, pohon itu dengan mudah ditumbangkan.
Bila mitos itu benar, maka ada pelajaran yang saya ambil: Teriakan-teriakan terhadap mahkluk hidup bisa menyebabkan makhluk itu kehilangan rohnya.
“Menuntut sesuatu kepada lembaga yang super kuat, terkadang butuh teriakan,” kata saya kepada Bang Zul. “Kalau sudah dengan teriakan kuat beramai-ramai dan berlama-lama, terus menerus, kok, masih perkasa juga, berarti ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama, teriakan itu dikeluarkan mereka secara tidak tulus. Kedua, lembaga itu memang sudah mati.”
Bang Zul manggut-manggut. Saya tak tahu, apakah dia tahu atau tidak, apa yang saya maksud.
Yang pasti, ‘ada pocong di BRR..!’ kata berita.*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: