NU Tetap pada Fitrahnya

INDOPOS

Minggu, 17 Feb 2008,

Pertarungan tokoh pengurus Nahdlatul Ulama (NU) di beberapa daerah dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) diharapkan Ketua Rais Am PB NU KH M.A. Sahal Mahfudh tidak menyeret nama dan lembaga NU dalam pertarungan tersebut.

Pengurus NU yang terjun dalam politik praktis harus mampu menjual ketokohannya sendiri tanpa membawa nama besar NU sebagai lembaga.

“NU bukan organisasi politik praktis. Jadi, harus dibedakan antara kepentingan pribadi dan kepentingan organisasi,” ujar pengasuh Pondok Pesantren Maslakul Huda, Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso, Pati, Jawa Tengah, itu.

Keinginan beberapa pengurus NU untuk maju dalam pilkada adalah pilihan pribadi. Karena itu, tidak dibenarkan mereka membawa nama NU demi kepentingan pribadi.

Kiai Sahal juga menegaskan bahwa NU tidak akan mencalonkan seseorang untuk maju dalam pilkada. Karena itu, diharapkan warga NU tidak terpengaruh seandainya NU (lembaga) “diperjualbelikan” dalam kampanye nanti. “NU akan tetap pada fitrahnya,” ungkap KH MA Sahal Mahfudh.

Mengenai pencalonan (pengurus NU) itu, imbuhnya, akan diserahkan kepada warga NU sendiri. Kiai kelahiran Pati, 17 Desember 1937 itu mengatakan, warga NU bisa memilih calon sesuai hati masing-masing. “Sebab, hak memilih pemimpin tidak dapat dipaksakan kepada siapa pun,” katanya.

Kondisi ini, menurut pimpinan pondok pesantren yang juga ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat itu, bisa menjadi sarana pendewasaan berpolitik warga NU. “Warga NU mempunyai hak pilih dan hak dipilih seperti warga negara Indonesia lainnya,” ujarnya.

Dia juga menerangkan, pencalonan pengurus NU menjadi calon kepala daerah punya kode etik. Para pengurus tidak dibenarkan menggunakan fasilitas dan nama NU dalam percaturan politik praktis.

Termasuk memanfaatkan struktur kekuasaan di bawahnya untuk kampanye, juga tidak diperbolehkan. (ris/jpnn/ib)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: