Nasir Jamil: Irwandi Harus Berani..!

Selasa, 19 Pebruari 2008
Banda Aceh | Harian Aceh—Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Muhammad Nasir Jamil, menyatakan Irwandi harus berani menyampaikan secara terbuka sikap pemerintah pusat terhadap aspirasi pemekaran wilayah Aceh Lauser Antara (ALA) dan Aceh Barat Selatan (Abas) sebagai provinsi baru.

“Saya haqqul yakin SBY pasti sudah menyampaikannya kepada Gubernur Irwandi (tentang sikap pemerintah pusat itu—red),” kata Anggota Komisi II DPR (Bidang Pemerintahan Dalam Negeri, Otonomi Daerah, Aparatur Negara dan Agraria) dari daerah pemilihan Nanggroe Aceh Darussalam I ini.

Itu sebabnya kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini berharap Kepala Pemerintahan Aceh, Irwandi Yusuf, berani menyampaikan apa yang sudah dikatakan SBY dalam menyikapi usulan pemekaran ALA dan Abas.

Selain itu, mantan Wakil Ketua Pansus RUU Pemerintahan Aceh ini juga mengingatkan Presiden SBY agar segera memberikan jawaban yang kongrit tentang pemekaran ALA dan Abas. “Jangan diambangkan karena justru akan membuat ‘PR’ Pemerintah Aceh semakin banyak,” katanya, wartawan Harian Aceh, Miftah H. Yusufpati di Banda Aceh, Senin (18/2). Berikut petikan wawancara dengan Muhammad Nasir Jamil selengkapnya.

Propaganda tentang pemekaran Abas dan ALA kian gencar tetapi pihak eksekutif sikapnya belum jelas.

Ya. Seharusnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono segera memberikan jawaban yang kongrit tentang pemekaran kedua wilayah itu. Jangan diambangkan karena justru akan membuat “PR” Pemerintah Aceh semakin banyak.

Saya khawatir bila terus diambangkan, situasi akan dimanfaatkan oleh ‘oknum-oknum’ tertentu untuk melakukan provokasi guna menciptakan suasana di daerah-daerah calon Provinsi ALA dan Abas tidak kondusif.

Selain itu, Gubernur Irwandi harus berani mengatakan dan menyampaikan sikap presiden menyangkut usulan pemekaran ALA dan Abas. Saya haqqul yakin SBY pasti sudah menyampaikannya kepada Gubernur Irwandi.

Kini di kawasan Aceh Selatan dan Barat sudah dihiasi spanduk mendukung pemekaran NAD.

Tidak ada masalah, selama masih dalam koridor demokrasi, tertib, santun dan berbudaya. Karenanya isi spanduk jangan mencerminkan upaya mengadu domba, menimbulkan kebencian, dan permusuhan antara daerah dan provinsi.

Sejauh mana perkembangan hak inisitif dewan yang menghendaki pemekaran itu?

Masih dalam “kotak”. Pembahasannya sangat tergantung dengan Surat Presiden (Supres). Sampai saat ini Presiden belum mengeluarkan Surpres. Artinya, usul inisiatif pemekaran ALA dan Abas belum bisa dibahas. Sebab RUU itu dibahas bersama antara DPR dengan pemerintah.

Sikap PKS soal itu?

Sikap politik PKS dalam masalah ini selalu terbuka terhadap aspirasi masyarakat. Tapi keputusan pemekaran domainnya ada di tangan eksekutif, bukan di partai atau DPR.

Gambaran sikap Jakarta tentang masalah ini?

Beberapa waktu lalu Mendagri dalam Raker dengan Komisi II DPR meminta menunda pembahasan 12 calon kabupaten/kota yang ingin menjadi daerah otonomi baru. Logikanya, kabupaten/kota saja ditunda apalagi untuk provinsi. Bukan untuk Aceh saja, di Papua juga ada penolakan pemekaran provinsinya.

Apa di balik perjuangan Ini?

Saya tidak tahu. Boleh jadi semacam warning untuk provinsi agar pembangunan jangan hanya dikonsentrasikan di wilayah timur Aceh. Kawasan barat dan selatan juga wajib mendapat perhatian serius. Mereka menuntut keadilan pembangunan.

Bagaimana sikap rata-rata anggota dewan, termasuk DPD tentang aspirasi tersebut?

Karena usul ini belum dibahas, maka sesuai UU, DPD secara kelembagaan belum bisa memberikan jawaban kepada DPR. Kalau secara individu, DPD asal Aceh, setahu saya, ada yang pro dan juga kontra dengan pemekaran ALA dan Abas.(tah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: