Keating mengenai Suharto

Mantan Perdana Menteri Australia, Paul Keating, adalah salah satu dari hanya sedikit tokoh politis Australia yang menghadiri upacara pemakaman Soeharto. Dalam artikel berujudul  ‘The nation builder sini’ di the Sydny Morning Herlard 2 Februari 2008, dia memberi penilaian sbb.
“Soeharto membawa bangsa sebanyak 120 juta orang, tertimpa oleh kekecauan politis dan kemiskinan, dari keadaan nyaris terpecah-pecah sampai menjadi bangsa sekarang yang tertib, teratur dan makmur.”
Citra buruknya di Australia karena “Balibo Five”, yakni lima wartawan Australia yang tertembak mati di Timor Timur ketika meliputi masukya tentara Indonesia untuk mengambil alih negeri itu. Keating membela aksi itu karena warna komunis Fretilin. (Keating tidak menyinggung tingkah laku tentara di Timor Timur sesudahnya.)
Keating menonjolkan sifat nasionalis Soeharto, yaitu bahwa dia membangun negara yang bukan negara Islam, dan juga stabilitas Indonesia sampai sekarang. Jelas, Indonesia yang kacau akan menjadi masalah besar untuk Australia.
Dia menyangkal kalau Soeharto menjadi super-kaya karena korupsi dengan menunjukkan bahwa rumah Soeharto biasa saja. Dia menganggap bahwa keluarganya yang bandel dalam hal ini.
Kelemahan Soeharto digambarkan Keating begini: “Yang terbesar adalah menilai kurang hakikat masyarakat yang dia bangun. Sementara pemeliharaan ekonomisnya bermuara pada kemandirian pakan, pendidikan, kesehatan dan berkurangnya tingkat kematian bayi, perubahan-perubahan itu bermuara pada kelas menengah dengan meningkatnya pendapatan. Soeharto semestinya membiarkan perwakilan rakyat bertumbuh dengan bertumbuhnya pendapatan. Tetapi dia kurang percaya terhadap kaum politis. Dia menganggap bahwa mereka tidak akan mengutamakan kepentingan nasional, tidak memiliki kompetensi administratif dan bersifat sangat ragu-ragu, bahkan korup. Hal itu dia sampaikan kepada saya berulang kali. Dia tidak mau melepaskan kendali. Sebagian karena dia tidak mau kehilangannya, sebagian karena dia tidak memiliki orang untuk menerimanya.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: