HASIL SURVEI : HM Soeharto Dinilai Presiden Terbaik

HM Soeharto dinilai oleh masyarakat sebagai presiden terbaik di antara presiden Indonesia selama ini. Demikian hasil survei Lembaga Kajian dan Survei Nusantara (LaKSNu) yang dipublikasikan di Jakarta, Selasa.

Survei yang dilakukan pada Oktober 2007 ini, melibatkan 1.000 responden. Hasil survei menunjukkan 34,7 persen responden menilai Soeharto adalah presiden terbaik.

“Kita mengajukan pertanyaan, siapa presiden terbaik di Indonesia sejak pemerintahan Soekarno hingga Susilo Bambang Yudhoyono,” kata peneliti LaKS Nu, A Agung Prihatna saat menjelaskan hasil survei.

Menduduki peringkat kedua sebagai presiden terbaik yaitu Soekarno (28,6 persen), disusul berturut-turut Susilo Bambang Yudhoyono (14,9 persen), Megawati Soekarnoputri (8,2 persen), BJ Habibie (4,6 persen), dan terakhir KH Abdurrahman Wahid (3,2 persen).

“Survei ini tidak dibuat untuk membuat pembelaan terhadap Soeharto tetapi lebih menyajikan opini publik. Selama ini kan yang disorot adalah opini elite yang pro dan kontra,” kata Agung.

Hasil survei ini, katanya mencerminkan opini masyarakat. “Survei dilakukan pada Oktober 2007, sebelum Soeharto jatuh sakit,” ujarnya seperti dikutip Antara.

Dalam acara tersebut, hadir sebagai pembicara di antaranya anggota Komisi I DPR Ali Mochtar Ngabalin, anggota Komisi II DPR Nursyahbani Katjasungkana, dan pengamat politik Fadjroel Rachman.

Hasil survei LaKSNU juga menunjukkan responden menilai Soeharto lebih banyak berjasa daripada kesalahannya. Lebih dari separuh responden yaitu 57,2 persen menyatakan Soeharto lebih banyak jasanya. Sementara hanya 20,2 persen dari responden menyatakan Soeharto lebih banyak kesalahannya.

Sebagian besar responden juga menilai selama masa pemerintahan Soeharto kehidupan masyarakat lebih baik. Jasa Soeharto yang paling menonjol, menurut responden, adalah di bidang ekonomi. Sebanyak 43,1 persen responden menilai Soeharto berjasa tingkatkan ekonomi rakyat.

“Secara umum hasil survei ini menunjukkan rakyat tampaknya memiliki pandangan yang khas terhadap Soeharto,” kata Agung.

Terlibat Korupsi

Meski hasil survei Lembaga Kajian dan survei Nusantara (LaKSNu) menunjukkan Soeharto sebagai presiden terbaik di Indonesia, namun sebagian dari responden cenderung percaya Pak Harto terlibat korupsi.

“Sebanyak 35,7 persen dari 1.000 responden menyatakan percaya pada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bahwa Soeharto terlibat korupsi paling besar di antara pemimpin dunia korup lainnya,” kata A Agung Prihatna.

Sementara 21,6 persen dari responden menyatakan tidak percaya, 23,4 persen menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab, sementara 19,3 persen menyatakan ragu-ragu.

“Meski dinilai sebagai presiden terbaik, terhadap isu korupsi yang ditujukan kepada soeharto, rakyat memiliki pandangannya sendiri,” ujarnya.

Di tempat terpisah, mantan Ketua DPR Akbar Tandjung mengimbau masyarakat untuk dapat memaafkan mantan Presiden Soeharto yang sedang sakit karena sebagai manusia, tidak luput dari kesalahan.

“Sebagai manusia beliau pasti punya kekurangan, kesalahan. Dari kekurangan dan kesalahan itulah kita mengajak untuk memaafkan beliau,” kata Akbar Tandjung.

Namun, meskipun mengajak memaafkan, Akbar menegaskan bahwa kasus perdata yayasan milik Soeharto tetap harus dilanjutkan, dan jika terbukti ada penyelewengan maka uang negara yang disalahgunakan yayasan harus dikembalikan.

JAKARTA (Suara Karya)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: