Garap Natuna, Pertamina Harus Profesional

JAKARTA – Pemerintah harus memfasilitasi kebutuhan PT Pertamina (Persero) untuk menggarap Blok Natuna D Alpha. Tapi jangan seperti yang sudah-sudah.

Wakil Ketua Komsi VII DPR Sutan Batoegana mengatakan, keinginan PT Pertamina (Persero) untuk menguasai Natuna D Alpha yang tengah diperebutkan dengan perusahaan minyak asal Amerika Serikat (AS), Exxon Mobile itu, sangat wajar. Selain, Pertamina memang perusahaan milik pemerintah, cadangan migas juga sangat menjanjikan.
?
“Cadangan gas yang ada di bok itu sangat tinggi,” ujar Sutan, kepada okezone, di Jakarta, Sabtu (9/2/2008).
?
Setelah penghentian kontrak dengan ExxonMobile, kata legislator dari Fraksi Partai Demokrat ini pemerintah harus membuka tender ulang. Tender ini, dimaksud agar memberi peluang kepada Pertamina untuk mengelola blok itu secara penuh.
?
“Tidak masalah jika dalam tender itu dikhusukan hanya untuk perusahaan nasional. Jika perusaaan nasional teknologinya tidak mampu, baru menggandeng perusahaan asing,” paparnya.
?
Namun demikian, syarat Sutan, Pertamina harus professional dalam mengelola Blok Natuna D Alpha. Tidak syarat dengan KKN dan nepotisme, lanjutnya, seperti yang sering didengar masyarakat dulu. “Asal tidak seperti dulu, Pertamina boleh mengelola blok itu.”
?
Seperti diberitakan okezone sebelumnya, pemerintah akan menyerahkan pengelolaan Blok Natuna D Alfa yang berlokasi di Kepulauan Riau ke Pertamina. Selama ini Blok Natuna D Alfa dikuasai oleh ExxonMobile, tanpa sistem bagi hasil yang seimbang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: