Butuh figur baru dalam Pilpres 2009


Tanggal 09 Feb 2008
Sumber Harian Terbit

MUNCULNYA figur baru di kancah kepemimpinan nasional dalam pemilihan presiden secara langsung pada 2009 saat ini sangat didambakan banyak pihak. Hal itu terjadi karena rata-rata figur calon presiden yang diusung sejumlah partai politik saat ini umumnya tokoh-tokoh lama yang track record-nya di mata rakyat tidaklah begitu baik. Tak heran, ketika ada pihak yang memunculkan duet Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Prabowo Subiakto sebagai calon presiden alternatif dalam pilpres 2009, banyak pihak yang menilai positif terutama untuk mengurangi dominasi figur-figur lama.

Sebab, keberadaan figur-figur lama yang begitu dominan di hampir semua tatanan pemerintahan Indonesia, terutama di tingkat nasional, saat ini menyebabkan regenerasi kepemimpinan nasional di negeri tercinta ini menjadi stagnan. Selain itu, upaya pengembangan kehidupan politik di tanah air hingga kini cenderung jalan di tempat, karena tokoh-tokoh yang dimunculkan umumnya figur-figur lama yang kualitas dan kredibilitasnya tetap diragukan masyarakat.

Kenyataan itu terjadi karena sejak reformasi digulirkan dan Orde Baru pimpinan mantan Presiden Soeharto tumbang hingga kini Indonesia belum juga mampu melepaskan diri dari keterpurukan baik di bidang ekonomi maupun politik. Padahal, sejumlah tokoh nasional seperti BJ Habibie, Abdurakhman Wahid [Gus Dur], Megawati, dan Susilo Bambang Yudhoyono [Presiden RI sekarang] secara bergantian telah memimpin negeri ini. Memang, kehidupan demokrasi di tanah air pascareformasi telihat semakin baik, namun hampir semua tatanan kehidupan sosial-ekonomi masyarakat Indonesia hingga sekarang tetap terpuruk.

Untuk itu munculnya keinginan sejumlah pihak agar figur-figur baru tampil dalam bursa kepemimpinan nasional untuk menggantikan muka lama dalam pemilihan presiden secara langsung pada 2009, tentu merupakan hal wajar yang layak didukung. Sebab, tampilnya figur baru seperti Sri Sultan Hamengkubuwono dan Prabowo Subianto dalam pilpres 2009 itu, selain memungkinkan rakyat memiliki banyak pilihan terhadap figur tokoh yang layak memimpin Indonesia pada masa mendatang, juga agar regenerasi kepemimpinan nasional di negeri ini tak jalan di tempat.

Apalagi, hingga kini calon-calon presiden yang dimunculkan sejumlah parpol dalam pilpres 2009 umumnya masih didominasi tokoh-tokoh lama seperti Megawati [PDI-P], Wiranto [Partai Hanura], Abddurahman Wahid [PKB], Susilo Bambang Yudhoyono [Demokrat], Jusuf Kalla [Partai Golkar], dan Sutiyoso [belum jelas parpol yang mengusungnya]. Nama Sutiyoso dalam bursa calon presiden barangkali memang termasuk wajah baru, namun ia sesunguhnya bukanlah figur baru karena telah dua periode Sutiyoso menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Dari nama-nama calon pemimpin nasional yang muncul itu, jelaslah bahwa figur-figur yang diusung parpol menjadi calon presiden dalam pilpres 2009 hampir tidak ada satu pun yang termasuk wajah baru. Padahal, track record tokoh-tokoh yang sebagian besar pernah menjadi presiden, wakil presiden, atau calon presiden itu di mata rakyat umumnya tidaklah baik. Mereka umumnya dianggap telah gagal memperbaiki kesejahteraan rakyat dan tatanan kehidupan sosial-ekonomi Indonesia yang sampai sekarang masih memprihatinkan keadaannya.

Karena itu tentu sangatlah tepat jika ada pihak yang berusaha menduetkaan Sri Sultan Hamengkubuwono sebagai alternatif pasangan calon presiden dalam pilpres 2009. Meski keduanya belum mewakili komunitas rakyat Jawa dan luar Jawa, namun pasangan dari sipil-militer ini track record-nya di mata rakyat jauh lebih baik dibandingkan tokoh-tokoh lama. Sri Sultan yang selama ini menjadi Raja dan Gubernur DI Yogyakarta dikenal sangat jujur, merakyat, demokratis, dan bijak dalam mengambil setiap keputusan, sedangkan Prabowo yang mantan Komandan Kopassus itu memiliki tabiat sangat tegas. Untuk itu memadukan karakter kedua tokoh ini tentu sangatlah tepat karena saat ini Indonesia membutuhkan tipikal memimpin yang seperti itu guna mengatasi keterpurukan ekonomi dan kehidupan sosial masyarakat negeri ini. *

7 Responses

  1. prabowo, yang di besarkan dan mendapatkan pendidikan di luar negeri, sebagai seorang anak begawan ekonomi indoneia, yang secara devakto. banyak belajar dari sang ayah,,, sehingga berperan andil terhadap sang mantan istri, tatiek soeharto, sehingga anak sang penguasa, jauh lebih baik prediket tatiek di mata dunia politik, di badingkan dengan adek-adek nya,,,,, mungkin sejauh mata saya memandang, prabowo seorng figur yang konsekuensinya, sangat besar,,,,,,
    saya pribadi siap menjadi pelopor di riau untuk mendukung beliau…

  2. Saya pribadi sangat menaruh keyakinan yang besar bahwa Bapak Prabowo Subiyanto mampu untuk mengentaskan Indonesia dari keterpurukan. Bangkitlah Indonesiaku bersama Prabowo Subiyanto.

  3. apapun resikonya apapun halanganya, ..saya muhhamadun glodongan skh solo..SIAP untuk mendukung Bp. PRABOWO SUBIAKTO MENJADI PRESIDEN RI. karena rakyat sangat membutuhkan figur seperti BAPAK, krn dr anak begawan ekonomi indonesia…. MERDEKA…!! HIDUP PRABOWO ….!!!

  4. apapun resikonya apapun halanganya, ..saya winarno, skh solo..SIAP untuk mendukung Bp. PRABOWO SUBIAKTO MENJADI PRESIDEN RI. karena rakyat sangat membutuhkan figur seperti BAPAK, krn dr anak begawan ekonomi indonesia…. MERDEKA…!! HIDUP PRABOWO ….!!!

  5. saya juga siap kok jadi pelopor pendukung Prabowo sebagai Calon pemimpin Bangsa ini. Semoga Allah mengabulkan niat tulus ini

  6. Idem. Prabowo for Presiden 2009-2014 dan 2014-2019

  7. Indonesia butuh pembaharuan dalam haluan kebijakan pembangunan.  Untuk melakukan itu diperlukan pemimpin yang memiliki kemampuan, keberanian dan komitmen yang kuat. Syarat-syarat itu saya menilai ada pada figur Pak Prabowo. Karena itu kita semua yang sedang mimpikan arus perubahan untuk indonesia baru, mari kita dukung pak Prabowo menjadi RI 1 2009-2014.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: