Stabilisasi Pangan Butuh Rp 13,7 T



STABILISASI harga pangan untuk meredam inflasi, membutuhkan dana yang tidak kecil. Dari kalkulasi pemerintah, program tersebut membutuhkan dana sedikitnya Rp 13,7 triliun.

Deputi Menko Perekonomian Bidang Pertanian dan Kelautan Bayu Krisnamurti mengemukakan, dana tersebut akan ditanggung pemerintah. “Potensi dana yang keluar tersebut mencakup berbagai potongan tarif pajak dan bea masuk. Jumlah yang akan ditanggung pemerintah sebesar itu, akan tetapi bergantung realisasinya seperti apa,” ujarnya dalam jumpa pers di Departemen Keuangan (Depkeu) Jakarta, kemarin (4/2).

Bayu mengatakan, jadwal pelaksanaan kebijakan stabilisasi harga kebutuhan pokok ini berlangsung selama 6 bulan sampai 1 tahun. “Ini karena banyak instrumen fiskal yang akan diterapkan dalam kebijakan ini. Diharapkan fluktuasi harga tidak tajam, jadi mengurangi dampak lonjakan harga,” jelasnya.

Adapun dalam kebijakan stabilisasi harga ini, komoditas yang menjadi target pemerintah adalah beras, kedelai, minyak goreng, dan terigu. “Kami berharap dalam satu minggu mendatang, dampak dari program ini sudah terlihat. Ini karena sudah ada komitmen dari pengusaha untuk mengimplementasikan program ini di level pedagang eceran,” sebutnya.

Pemerintah mengeluarkan paket kebijakan pangan untuk komoditas beras, minyak goreng, kedelai, dan terigu guna menstabilkan gejolak harga ke tingkat wajar. Keringanan itu berupa penambahan jatah beras bersubsidi dari semula 10 kilogram menjadi 15 kilogram per bulan dengan harga Rp 1.650 per kilogram untuk setiap keluarga. Kemudian penurunan bea masuk beras dari Rp 550 menjadi Rp 450 per kilogram.(iw/fan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: