NSW bisa benahi karut marut Pelabuhan Belawan

oleh : Suryadi Darma

Pelabuhan Belawan kini bersiap-siap melaksanakan uji coba sistem National Single Window (NSW), sebuah sistem pelayanan satu atap yang terintegrasi di sektor kepelabuhanan. Pelabuhan Belawan merupakan salah satu pelabuhan besar di Indonesia yang ditunjuk pemerintah untuk melaksanakan uji coba NSW.

Pemerintah menargetkan dengan pelaksanaan NSW, faktor-faktor yang selama ini menyebabkan ekonomi biaya tinggi dan inefisiensi di sektor kepelabuhanan dapat dikikis habis. NSW diharapkan memangkas birokrasi panjang pengurusan perizinan ekspor-impor, dimana kalangan eksportir maupun importir kelak tidak lagi berurusan dengan banyak instansi, cukup satu pintu dengan sistem elektronik.

NSW akan mengandalkan dua metode yakni trade-net yang berfungsi melayani proses perizinan ekspor dan impor, metode lainnya yakni port-net yang berfungsi mengawasi lalu lintas barang.

Sejumlah pihak yang terkait langsung penerapan NSW ini, diantaranya kantor Administrator Pelabuhan Belawan Jimmy Nikijuluw, menyambut baik dan terbuka kedatangan era NSW.

“Kami siap menyambut uji coba NSW ini di Pelabuhan Belawan. Saat ini seluruh jajaran kami sedang bersiap-siap. Untuk tahap awal port-net [NSW kepelabuhanan] dan trade-net [NSW kepabeanan] akan diutamakan, sementara untuk marine-net masih dalam tahap penggodokan.”

NSW akan menciptakan sinkronisasi yang mendorong kondisi single decision sehingga akan menyederhanakan birokrasi dan berujung pada efisiensi ekonomi di lini kepelabuhanan.

Program NSW menjelang Indonesia Bussiness Gateway
Perangkat Waktu
NSW kepabeanan dan kepelabuhanan Tahap I: 27 Des’2007
Rencana Deperind, Depkes & PT Posindo gabung dalam NSW Feb 2008
Rencana ada payung hukum pembangunan 3 NSW Maret 2008
Rencana integrasi sistem Trade Net dan Port Net NSW April 2008
Rencana Asean Single Windows September 2008
NSW logistik 2009
NSW investasi 2009
NSW produksi 2009
Basis data online 2009

Sumber: nsw.or.id & Makalah Sekretaris Tim Persiapan NSW Edy Putra Irawady diolah Trade-net dan port-net, tutur dia, merupakan satu kesatuan sistem dari berbagai instansi terkait dalam satu sistem atap pelayanan sehingga akan sangat mempermudah pelayanan kepada kalangan dunia usaha.

Dia menjelaskan saat ini pihaknya telah membangun Pusat Pelayanan Satu Atap (PPSA) Bea Cukai berbasis sistem data interchange sehingga dalam uji coba instansi yang terkait dalam NSW, nantinya tidak begitu canggung dengan penerapan NSW di Pelabuhan Belawan.

”Pelabuhan Belawan sudah siap, tetapi soal kapan pelaksanaannya, kami menunggu keputusan dari pemerintah. Kami berharap dapat dilakukan secepatnya agar pelayanan kepada dunia usaha dapat lebih ditingkatkan.”

Dia menegaskan untuk menjamin kelancaran uji coba NSW, keterlibatan aktif dunia usaha sangat diperlukan, untuk itu pihak eksportir maupun importir akan dilibatkan. “Bagaimana pun sistem NSW bersentuhan langsung dengan dunia usaha, jadi eksportir dan importir harus terlibat aktif.”

Kurang sosialisasi

Namun di sisi lain, sistem NSW tidak serta merta memacu optimisme di kalangan dunia usaha bahwa NSW akan mengefisiensikan kegiatan dunia usaha.

“Kami masih pesimis NSW akan menciptakan sistem transparansi. Buktinya, sampat saat ini kami belum pernah dilibatkan secara langsung dalam persiapan uji coba NSW,” kata Wiluyo Hartono, ketua bidang kepelabuhanan dan kepabeanan Gabungan Forwarders dan Ekspedisi (Gafeksi) Sumut.

Wiluyo mengkritik teknik penerapan sistem NSW, sampai sejauh ini belum disosialisasikan secara langsung dan terperinci kepada pengguna jasa yakni eksportir dan importir di Sumut. ”Jadi sosialisasi masih sangat minim dilakukan.”

Namun katanya, jika NSW benar-benar diterapkan dengan konsisten, paling tidak sebuah awal yang baik untuk membenahi karut-marut kegiatan ekspor dan impor di Pelabuhan Belawan.

Dia minta instansi terkait harus lebih agresif dan terpacu terus untuk menjalankan persiapan pelaksanaan NSW secara fokus kepada tujuan awal, sehingga penerapan NSW tidak hanya sekadar lips service saja. (redaksi@bisnis.co.id)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: