BI Revisi Target Inflasi



INFLASI Januari yang cukup tinggi, membuat Bank Indonesia (BI) merevisi targetnya. Bank sentral mengubah target inflasi 2008 dari posisi 6,0 persen menjadi di kisaran 6,0-6,5 persen. Perubahan ini juga mempertimbangkan kenaikan harga-harga komoditas khususnya bahan pangan dan minyak.

“Harga-harga komoditas, khususnya bahan pangan dan minyak yang meningkat tajam akhir-akhir ini berdampak pada meningkatnya tekanan inflasi domestik, sehingga pada Januari 2008, inflasi IHK (indeks harga konsumen) mencapai 1,77 persen (mtm) atau 7,36 persen year on year,” kata Gubernur BI Burhanuddin Abdullah dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR kemarin (4/2).

Burhanuddin mengatakan, pemerintah telah meningkatkan upaya menjaga ketahanan pangan dengan menjaga kecukupan pasokan kebutuhan pokok dan kelancaran distribusinya. Selain itu, bank sentral akan melakukan berbagai upaya agar nilai tukar dapat terjaga sesuai dengan perkembangan faktor fundamental yang diperkirakan membaik.

“Koordinasi kebijakan akan terus ditingkatkan melalui berbagai forum, khususnya Tim Pengendalian Inflasi,” kata Burhanuddin.

Bank sentral juga akan tetap melaksanakan kebijakan moneter secara terukur dan hati-hati. Sehingga meskipun inflasi memiliki risiko meningkat, rata-rata suku bunga SBI 3 bulan tetap dijaga di posisi 7,5 persen.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan risiko inflasi tahun ini cukup tinggi akibat peningkatan harga komoditas dunia, terutama minyak. Selain itu di pasar internasional, kata Menkeu, harga CPO (minyak kelapa sawit), kedelai, gandum, dan jagung naik secara signifikan karena permintaan dunia dan konversi energi. Selain komoditas pangan, inflasi juga meningkat karena volatilitas nilai tukar rupiah.(sof/fan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: